Sunday, February 27, 2011

INTERNATIONAL FINANCIAL REPORTING STANDARDS (IFRS)

International Financial Reporting Standards merupakan Standar pelaporan Keuangan Internasioanl yang menjadi rujukan atau sumber konvergensi bagi standar-standar akuntansi negara-negara di Dunia. Termasuk didalamnya Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia. Standar Akuntansi Keuangan (SAK) telah melakukan konvergensi mulai tahun 2009 dan diharapkan selesai tahun 2012. Selain IFRS, sumber konvergensi adalah International Accounting Standards (IAS), lihat di IAS.
IFRS yang dijadikan sumber konvergensi adalah:
Versi ini diterbitkan pada bulan Nov 2008. tanggal efektif adalah 1 Juli 2009. Hal ini termasuk perubahan dibuat dengan IAS yang diterbitkan sampai dengan 31 Desember 2009.
IFRS 1 Adopsi Pertama- IFRS ini dikeluarkan oleh dewan Standar Akuntansi Internasional pada tahun 2003 bulan Juni. Satandar ini menggantikan SIC-8 pertama. Penerapan IAS sebagai Dasar Akuntansi Utama (dikeluarkan oleh Standing Interpretasi Komite pada bulan Juli 1998).IFRS Adopsi 1 diatur dalam paragraf 10-40 dan Lampiran A-E. Semua paragraf memiliki kedudukan yang sama. Paragraf dicetak dengan huruf tebal sebagai prinsip utama. Ketentuan yang ditetapkan dalam Lampiran A adalah ketentuan yang dicetak dalam huruf miring pertama kalinya mereka muncul dalam IFRS. Definisi istilah lain diberikan dalam Istilah IFRS . IFRS 1 harus dibaca dalam konteks tujuan dan Dasar untuk Kesimpulan, PengantarIFRS dan Kerangka tersebut

No comments:

Post a Comment